Bola Tangan (Handball): Aturan dan Manfaat yang Perlu Dikenal

Bola tangan, juga dikenal sebagai handball, merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola dalam permainannya. Berbeda dengan sepak bola, dalam handball, Anda lebih banyak menggunakan tangan untuk melempar dan mengoper bola.

Sep 27, 2023 - 21:39
 0  673
Bola Tangan (Handball): Aturan dan Manfaat yang Perlu Dikenal

Bagaimana permainan handball bisa berkembang hingga sekarang? Apa saja manfaatnya bagi kesehatan Anda? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan sebenarnya sudah ada sejak abad pertengahan, tetapi olahraga bola tangan modern pertama kali berkembang pada tahun 1906 di Denmark. Istilah "handball" pertama kali populer di Swedia pada tahun 1910 oleh G. Wallström.

Organisasi handball resmi pertama, The International Amateur Handball Federation (IAHF), didirikan pada tahun 1928 dan kemudian berganti nama menjadi International Handball Federation (IHF) di Denmark pada tahun 1946. Handball pertama kali menjadi cabang olahraga yang dilombakan di kompetisi Berlin Games pada tahun 1936. Pada tahun 1938, digelar olimpiade bola tangan internasional pertama dalam FIeld Handball World Championship di Jerman. Permainan bola tangan dalam ruangan kemudian berkembang di Denmark pada tahun 1940.

Olahraga dengan tujuh pemain ini menjadi salah satu olahraga favorit saat cuaca dingin bagi orang-orang di Jerman, Denmark, dan Austria.

Sementara di Indonesia, permainan handball mulai dikenal sejak didirikannya Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) pada tahun 2007. ABTI merupakan bagian dari IHF yang beranggotakan organisasi-organisasi handball tingkat negara di seluruh dunia.

Teknik Dasar Permainan Bola Tangan

Seperti olahraga bola basket dan sepak bola, handball juga memiliki beberapa teknik dasar yang perlu Anda pelajari dan kuasai. Berikut adalah teknik-teknik tersebut menurut panduan International Handball Federation:

  1. Melempar dan mengoper bola: Ada banyak teknik melempar bola, seperti melempar dengan satu tangan, dua tangan, di depan dada, atau di atas kepala. Teknik ini akan membantu Anda menguasai bola hingga mencetak angka.

  2. Menangkap bola: Selain mengoper, Anda akan sering menangkap bola. Teknik ini melatih kelincahan tubuh serta refleks karena Anda harus dapat menangkap bola dalam kondisi diam maupun bergerak.

  3. Menggiring bola: Teknik menggiring bertujuan untuk membawa bola ke daerah lawan agar Anda dapat mencetak gol. Anda dapat menggiring bola dengan satu atau dua tangan. Kemampuan kelenturan tubuh dan kelincahan yang baik sangat diperlukan.

  4. Menembak bola: Seperti dalam teknik sepak bola, menembak bertujuan untuk mencetak gol. Ada banyak teknik dan posisi untuk menembak bola ke gawang, semuanya mengandalkan otot tangan yang kuat.

Peraturan Permainan Handball

Dalam permainan bola tangan, dua tim laki-laki atau perempuan bertanding. Satu tim terdiri dari 6 pemain lapangan dan 1 penjaga gawang. Setiap tim juga dapat menyiapkan pemain cadangan yang bisa masuk selama permainan.

Satu pertandingan handball resmi terdiri atas dua babak yang masing-masing berjalan selama 30 menit, dengan waktu istirahat 10 menit antara kedua babak. Gol terjadi jika bola melewati sebagian besar garis gawang. Penjaga gawang boleh bergerak bebas di wilayah gawang untuk mengadang bola.

Beberapa hal yang dihitung sebagai pelanggaran dalam permainan handball antara lain menggiring bola lebih dari tiga langkah atau tiga detik, terlalu berdekatan atau berkerumun dengan pemain lain, mengoper bola di luar wilayah yang diperbolehkan, menahan, menarik, atau mendorong pemain lawan saat menggiring bola, serta melakukan tindakan kekerasan terhadap pemain lawan.

Manfaat Permainan Bola Tangan bagi Kesehatan

Bermain handball memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini antara lain:

  1. Menambah massa otot: Bermain handball sangat cocok untuk meningkatkan massa otot. Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa setelah rutin bermain handball selama 12 pekan, massa otot peserta penelitian bertambah 900 gram.

  2. Menurunkan massa lemak: Selain bertambahnya massa otot, penelitian yang sama juga menemukan adanya penurunan massa lemak pada peserta penelitian. Karena temuan ini, handball mungkin bisa disandingkan dengan olahraga pembakar lemak lainnya.

  3. Menjaga kekuatan tulang: Bermain handball selama 12 minggu ternyata juga dapat meningkatkan massa tulang paha sebanyak 0,8 persen. Temuan ini penting karena massa tulang paha dapat menunjukkan seberapa besar risiko Anda untuk mengalami osteoporosis.

  4. Meningkatkan stamina: Olahraga handball memacu aliran darah dan melatih pernapasan Anda. Seiring waktu, kedua hal ini akan meningkatkan stamina sehingga Anda mampu memberikan performa yang baik di lapangan.

  5. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah: Berlari banyak selama melakukan olahraga permainan seperti sepak bola dan handball bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, melatih denyut jantung, dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

  6. Meningkatkan kelincahan dan kelenturan: Berlari, menggocek lawan, mengoper, serta menembak bola ke gawang akan melatih kelincahan dan kelenturan tubuh Anda. Selain itu, kemampuan refleks Anda juga akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bola tangan adalah cabang olahraga dengan prinsip yang mirip dengan sepak bola, namun menggunakan tangan alih-alih kaki untuk menguasai bola. Ini juga merupakan olahraga yang memiliki manfaat melimpah bagi kesehatan Anda.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow